Punya Banyak Hobi? Hmm...

Haloo, aku kembali lagi.

Adakah pembaca di sini yang memiliki hobi? Hari ini aku mau curcol seputar hobi dan aku yakin ini pasti bakalan panjang. Apalagi sekarang masih musim liburan untuk anak-anak kuliah kayak aku, udah pasti liburannya diisi dengan kegiatan bermanfaat, seperti ngeblog inilah salah satunya.

Ngomong-ngomong hobi, apa sih hobi itu? Berdasarkan KBBI, /ho·bi/ n kegemaran; kesenangan istimewa pada waktu senggang, bukan pekerjaan utama.

Pernah suatu hari, temanku sebut aja A secara random nanya ke temenku si B, apa hobinya. Dan si B langsung jawab kalau dia nggak punya hobi. Lebih tepatnya nggak tau hobinya apa. Well, aku cukup kaget dan sedikit terhibur juga dengan jawabannya. Bukannya kenapa-napa. Tapi, bagaimana menurut kalian?

Jika aku ditanya soal hobi, mungkin jawabannya bakalan beragam. Semuanya tergantung bagaimana moodku, haha. Aku paling suka disuguhi novel. Ya, membaca termasuk salah satu hobiku. Aku mulai suka membaca sejak kelas 6 SD. Genre favoritku juga suka berubah-ubah seiring perubahan usia. Jika dulu selalu mencari novel-novel teenfiction atau pure romance, sekarang aku suka membaca thriller-misteri. Satu-satunya genre yang masih sulit untukku baca adalah fantasi. Entah pikiranku yang nggak sampai atau mungkin memang bukan seleraku. Dan buku adalah salah satu barang yang paling sering kuborong tanpa pikir panjang. Apalagi kalau ada diskon besar-besaran kayak BBW dan Cleareance Sale 70% beberapa bulan lalu. Wah, langsung deh kalap. Itu pertama kalinya untukku belanja gila-gilaan. Latah sih, lihat beberapa teman bookstagram dan booktuber yang asik banget ngeborong buku, wkwkw.

Selain membaca, aku juga suka menulis. Aku mulai mencoba menulis itu waktu SMP kelas 9. Saat itu belum populer banget aplikasi dunia oranye. Karena beberapa cerita di sana sudah dijadiin novel, aku langsung tergoda dong ingin buat juga. Tapi, ini termasuk latah juga nggak sih? Wkwkw.

Aku kembali aktif nulis lagi awal tahun 2018. Rasanya tahun itu benar-benar berkesan aja buatku. Aku aktif ikut grup-grup kepenulisan. Dan di sana aku bertemu juga sama teman-teman seperjuangan menulis. Bahkan di saat-saat seperti itu aku merasa pede dengan tulisanku. Saking pedenya sampai ikutan event menulis yang diselenggarakan oleh grup kepenulisan lainnya di Line dan alhamdulillah aku berhasil menempatkan diriku posisi pertama! Benar-benar nggak terduga banget. Semenjak itulah aku jadi sering ikut-ikut event menulis, dan pernah sampai lolos menjadi peserta yang naskahnya dibukukan dalam bentuk antologi.

Fiksi Mini : Thriller


Cerpen : Sebuah Lagu


Pssst.. *bisik-bisik*
Kalian kalau penasaran sama isinya bisa kontak aja penerbitnya, klink link di atas. Atau sama aku juga nggak apa, hehehe.

Setelah sibuk dengan UAS, aku gagal konsisten dalam menulis. Karena, setelah UAS pun aku jadi merasa kehilangan nyawa sebagai seorang penulis. Setiap tulisan yang kubuat tidak bisa menyentuh perasaanku. Apalagi teman-teman segrup kepenulisanku juga udah pada sibuk, jadi tidak ada lagi teman yang menyemangatiku dalam menulis. #jadicurhat

Tapi, benar deh. Dukungan dari teman/lingkungan itu benar-benar perlu banget. Sejak SMP aku juga suka nulis karena teman-temanku juga ikutan nulis. Makanya aku memutuskan untuk menulis seadanya aja lewat blog challenge ini, dengan harapan curhatan-curhatanku ini makin berkembang dan akan terlihat estetik dengan diksi-diksinya(?)
Aku juga mulai aktif membaca (terakhir saat SMA) karena bertemu dengan banyak anak-anak bookstagram. Tapi, ya gitu. Sehari aja bolong membaca, sampai seterusnya tetap akan bolong membaca. Kecuali ada sesuatu yang mengharuskanku untuk membaca. Aku jadi sampai nggak tau apakah 2 hal ini memang hobi aku atau aku anaknya emang suka ikut-ikutan orang lain wkwkw.

Selain 2 kegiatan itu, aku juga suka nonton film. Wah, saat SMA itu, ketika dapat hadiah harddisk gratis di family gathering kantoran ayah, aku langsung tanpa babibu download film banyak-banyak. Nggak hanya film indonesia aja, film-drama korea, anime-film jepang, dan film-film thailand pun kubabat juga. Puas banget kalau punya harddisk. Menonton ini nggak latah dari siapa-siapa kok, haha. Emang kemauan sendiri aja. Tapi, sejak harddisk rusak, aku mencoba tabah. Aku tetap nonton lewat streaming. Tapi, lama-lama bosan sendiri guys, wkwk. Terakhir yang kutonton itu drama korea yang judulnya While You Are Sleeping. Setelah itu aku nggak ada nonton apa-apa lagi karena bosan. Bahkan yang paling heboh kayak Gangnam Beauty aja kulewatin.

Sekarang, gairah menontonku kembali menggebu-gebu sejak ketemu drama korea Sky Castle. Dan gara-gara drama ini aku jadi semakin tergoda untuk menonton film lainnya. Dan anehnya, novel-novel yang menjadi to-be-read aku sampai belum ada tersentuh sama sekali. Parah nggak sih?

Hobi ini kulakukan tidak dalam satu waktu/bergiliran. Seperti yang kubilang, tergantung bagaimana moodku. Aku sampai berpikir gimana jika hobiku ini kulakukan secara ganti-gantian dalam satu waktu. Bisakah seseorang semaruk ini dalam berhobi? Haha.

Kalau kamu, apa hobimu?

Comments