Review Drama China Love O2O



Detail Drama :
  • Judul : Love O2O (Love Online to Ofline)
  • Alternatif Judul : Just One Smile is Very Allurring
  • Sutradara : Lin Yufen
  • Screenwriters : Gu Man
  • Pemain : Yang Yang, Zeng Shuang, Bai Yu, etc.
  • Genre : Comedy-Romance, Adventures
  • Tahun : 2016
  • Episode : 30 Episode
Sinopsis:

Xiao Nai (Yang Yang) adalah seorang pro-gamer. Berkat keahliannya dalam bermain basket, keunggulan di bidang akademis, bakat renangnya, dan menjadi penanggung jawab (presiden) di perusahaannya, ia pun menjadi mahasiswa paling populer di kampus.
Ketika ia pertama kali bertemu dengan mahasiswa paling cantik dan berbakat di jurusan Komputer kampusnya, Bei Wei Wei (Zeng Shuang), ia pun langsung jatuh cinta.
Akan tetapi, bukan Bei Wei Wei yang ia perhatikan. Namun, perasaan keinginan-tahu setelah melihat Bei Wei Wei membantu teman se-guild-nya saat gadis itu bermain game. Semenjak itu, Xiao Nai pun harus menggunakan keahliannya, baik dalam online maupun offline (dunia nyata) untuk merebut hati menggemaskan namun lugu, Bei Wei Wei.

Tapi, apakah perasaan cinta ini membuat XP mereka naik, atau apakah hubungan mereka tidak akan naik level?

Review

Love O2O adalah drama romance-comedy china favourite aku! Keluarnya tahun 2016, tapi aku malah baru menontonnya sebulan yang lalu. Telat banget, ya? T_T

Drama ini dulunya sangat populer di China dengan di-streaming sebanyak 24 juta kali. Wow! Drama ini diadaptasi dari novel dengan judul yang sama pula. Di Indonesia, sudah ada ada loh, penerbit yang menerjemahkan novel ini.

Love O2O by Gu Man. Penerbit Haru
pict: google

Tapi, hari ini aku tidak akan membahas novelnya dulu. Sesuai judulnya, aku hanya akan mereview tentang drama ini. Buat kamu yang suka drama romance dibalut dengan kisah-kisah petualang dari game, atau kamu yang suka bermain game, drama ini kurekomendasikan untuk kalian!!

Sebelumnya, aku ingin memperkenalkan kalian siapa-siapa aja tokoh dalam drama ini.

Yang Yang as Xiao Nai

Yi Xiao Nai He (karakter di game)


Dalam game, karakter Yang Yang atau Xiao Nai dalam game 'A Chinese Ghost Story' adalah seorang pemuda pemain alat musik kecapi. Xiao Nai adalah pemain terkuat dengan level tertinggi di dalam game tersebut. Dia disebut-sebut sebagai jagoan, master dan juga orang kaya dalam game ini. Dalam game persilatan ini, nama akun milik Xiao Nai adalah Yi Xiao Nai He.

Zheng Shuang as Bei Wei Wei

Luwei Wei Wei (karakter di game)

Dalam game ini, Bei Wei Wei dikenal dengan karakter game sebagai pendekar wanita berbaju merah dan bersenjata golok. Bei Wei Wei yang memiliki nama akun Luwei Wei Wei adalah pendekar wanita yang paling tangguh, sehingga membuat Yi Xiao Nai He mencoba mendekatinya.

Dalam kehidupan sehari-hari, Bei Wei Wei sebenarnya bukanlah gadis yang hobi bermain game. Karena saat itu Wei Wei mengajar privat anak SMP yang hobi bermain game, mau tidak mau Wei Wei pun masuk ke dunia game tersebut. Namun, siapa sangka kini Wei Wei menjadi pemain terbaik di game persilatan 'A Chinese Ghost Story'. Selain jago bermain game, Wei Wei juga pintar dan pandai dalam segala hal.

Sebelum Yi Xiao Nai He kenal dan mendekati Luwei Wei Wei, Wei Wei lebih dulu menikah dengan seseorang pria dengan nama akun Zhen Shui Wu Xiang, rekan satu guild di dalam game 'A Chinese Ghost Story'. Alasan mereka menikah tidak lain selain karena misi. Ini juga alasan mengapa Wei Wei menyanggupi ajakan pernikahan dari Zhen Shui.

Zhang He / Ryan Zhang as Zheng Shao Xiang

Zhen Shui Wu Xiang


Selama hampir 1 bulan, Zhen Shui 'menikahi' Luwei Wei Wei. Namun, di saat Zhen Shui berharap bisa mengetahui wajah asli Luwei Wei Wei dan momen di mana seharusnya Wei Wei memanggil Zhen Shui dengan panggilan sayang, saat itu juga Luwei Wei Wei offline dari dunia game. Bukan bermaksud untuk lari, akan tetapi laptop yang digunakan Wei Wei mendadak rusak sehingga butuh waktu untuk memperbaikinya.

Ketika laptop Wei Wei kembali 'sembuh' ia kembali melakukan rutinitasnya seperti biasa. Namun, siapa sangka di saat Wei Wei kembali online, suami virtualnya menyuruhnya datang ke Pulau Putus Cinta untuk 'bercerai'. Bagi Wei Wei, menikah dan bercerai di dalam permainan apalagi dengan alasan untuk melakukan misi, itu adalah hal yang tidak nyata. Jadi, meskipun ajakan bercerai cukup mengejutkannya, ia tidak mau ambil pusing.

Keesokan harinya, Wei Wei menerima kabar dari temannya, bahwa Zhen Shui menikah dengan salah satu pemain tercantik di permainan 'A Chinese Ghost Story'. Wei Wei pun datang ke acara pernikahan tersebut. Mendadak mules, Wei Wei segera berlari ke toilet. Tak lama kemudian, ia sudah digosipkan oleh pemain-pemain yang ada di sekitarnya dan menuduh Wei Wei bahwa ia patah hati dan berusaha untuk merebut mantan suami virtualnya kembali.

Karena sudah begitu, Wei Wei berusaha membalikkan keadaan. Ia pun membuka jualannya di tengah-tengah jembatan, tempat di mana karakter game-nya berdiri sedari tadi. Ia pun memberikan diskon sebesar 20% sehingga pemain-pemain di sana pun mencoba untuk mendapatkan obat tersebut.  Setelah dijual, kereta yang membawa Zhen Shui dan istrinya pun juga pergi, para pemain yang berada di sana pun juga ikut bubar. Tiba-tiba, seseorang yang disebut Master #1 dalam game secara mendadak memanggilnya, untuk mengajaknya nikah.

Ya, dia adalah Yi Xiao Nai He. Pemain terkuat di dalam game.

Setelah menikah, kehidupan Wei Wei tidak lagi sama. Perasaan aneh terus ia rasakan setelah kehadiran Yi Xiao Nai He. Saat itu, ada event membuat video dengan tema cinta sejati di game. Setelah menang melawan Boss (monster dalam game) Wei Wei pun mendapat ide untuk membuat video juga. Setelah dibantu oleh Nai He dan teman-temannya, video mereka pun menang. Beberapa hari setelahnya, Wei Wei mendapat telepon dari pihak perusahaan game, untuk membeli hak cipta video yang mereka buat sebagai bahan promosi game mereka. Wei Wei yang tidak sabar untuk menceritakan hal ini kepada Nai He pun segera log in ke dalam game. Akan tetapi, Nai He berkata ini sedikit rumit, sehingga sulit untuk dibicarakan di dalam game. Nai He pun memberikan usul untuk bertemu di dunia nyata. Permintaan itu pun disanggupi oleh Wei Wei. Dan semenjak itulah kisah cinta yang berawal dari game (online) pun berlangsung ke dunia nyata (ofline).

"Ini bukan kebetulan. Aku memang menunggumu." - Xiao Nai

-^-

AAAAAAA!
Ketika menulis review ini pun aku masih kepikiran tiap detil jalan ceritanya hahaa. Bahkan ketika Xiao Nai berkata seperti itu pun aku ikut deg-degan seperti Wei Wei. TvT

Btw, ini bukan drama China pertama yang aku tonton. Tapi, anehnya malah drama ini yang lebih dulu kureview. Mungkin karena terlalu bucinnya aku terhadap drama ini wkwkw. Pertama kali menonton drama ini, aku enggak berekspetasi apa-apa, sih. Setelah menonton Put Your Head on My Shoulder, Master Devil Do Not Kiss Me, A Love So Beautiful, aku mencoba menonton ini karena sering banget lihat di kolom komentar menyebut-nyebut judul drama ini. Sebenarnya, aku juga dulu pernah mendengar sekitar tahun 2017 bahwa drama Love O2O itu benar-benar menarik. Tapi, ya karena drama China dan aku prefer ke drama Korea akhirnya drama ini benar-benar aku abaikan.

Awal liat thumbnail di Youtube, agak ragu ingin menonton drama ini. Karena sepertinya bakalan jadi cerita-cerita dengan unsur tradisional atau cerita kerajaan gitu di dalamnya. Tapi, lihat-lihat cuplikan intro dramanya, tokoh-tokoh dalam drama tersebut nggak seperti yang kubayangkan dari awal. Dan aku cukup kaget ketika melihat intro dramanya ada monster di dalamnya. 'Apakah ini Sword Art Online versi action?!' Dan sejak itu aku nggak sabar untuk nonton dramanya bakalan seperti apa.

Perlu diingat, ketika aku menonton drama China, aku sama sekali ENGGAK ADA membaca sinopsis. Wkwkw. Langsung gas aja nonton, mumpung tersedia di Youtube.

Dan aku nggak nyesal sama sekali dong T_T aku tahan-tahan sampai episode 5, soalnya masih belum selesai nonton Master Devil Do Not Kiss season 1 dan season 2 wkwkw, parah banget.

Selain karena alurnya, aku juga suka chemistry antara Yang Yang dan Zheng Shuang dalam memainkan peran ini. Bikin baper parah T_T seumur-umur nonton drama nggak pernah dibuat baper sama kedua tokoh, tapi yang ini baper sampai buat jiwa iriku meronta-ronta LOL.

Selain chemistry antara 2 tokoh ini, aku juga suka dengan teman-teman satu kamarnya Xiao Nai. Mereka lucu parah! Apalagi kalau udah 'dibuli' sama Xiao Nai, lengkap sudah. Teman-teman Xiao Nai memanggil Xiao Nai dengan sebutan Kakak Ketiga. Ada alasan mengapa mereka memanggil Xiao Nai seperti itu. Dan mereka juga malas banget buat cuci kaos kaki. Jadi, kalau Xiao Nai balik ke asrama, mereka pun buru-buru membersihkan kaos kaki dan juga kamar mereka. Persahabatan antara Wei Wei dan teman-temannya pun tak kalah menarik juga.

Dalam drama ini, ada beberapa tokoh yang bikin aku greget dan saking gregetnya pengen aku sentil kepalanya, haha. Beberapa di antaranya memang bukan antagonis, tapi ya greget aja gitu. Apalagi di antara mereka juga mencoba untuk menghancurkan dan memisahkan hubungan Xiao Nai dan Wei Wei. Akan tetapi, perasaan cinta yang begitu dalam yang dimiliki Xiao Nai kepada Wei Wei, tidak membuat dia mendengarkan perihal apapun tentang Wei Wei dari orang ketiga. Dia selalu percaya dengan Wei Wei, dan mendengarkan keseluruhan ceritanya dari Wei Wei. Manis banget nggak, sih? T_T

Tapi, dalam sebuah drama tentu ada sebuah 'lubang' yang membuat drama ini jadi kurang halus menurutku. Mungkin ini lebih ke action suatu tokoh sih, bukan ceritanya. Jadi, ketika menontonnya aku jadi greget sendiri. Mungkin kalian juga punya pendapat sendiri setelah menonton drama ini. #maksa. Tapi untuk alur udah MULUUUS banget! Suka deh sama penulisnya. Membuat cerita yang ringan namun 'menggigit' selama di perjalanan (?)

Oh, aku juga belum bilang, kan, kalau Xiao Nai itu licik banget? Sampai-sampai teman-teman satu kamar Xiao Nai pun mengaku, kalau Xiao Nai itu bukan manusia, tapi iblis. WKWK. Emang iya, buktinya, saat Wei Wei dan Xiao Nai bertemu untuk membahas video itu lebih lanjut, Xiao Nai tanpa mengajak Wei Wei berpacaran pun sudah mengklaim diri mereka telah berpacaran.

"Sejak kapan kita tidak dalam hubungan yang seperti itu?" - Xiao Nai

Selain kisah cinta antara Xiao Nai dan Wei Wei, mereka pun masih aktif bermain game. Kadang-kadang, Wei Wei juga meminta bantuan Xiao Nai untuk membantu temannya yang kesulitan. Diceritakan pula perjuangan Xiao Nai bersama teman-temannya di perusahaan Xiao Nai. Karena keinginan Xiao Nai untuk merintis sebuah perusahaan game, Xiao Nai bersama teman-temannya pun harus melalui malam yang panjang hingga akhirnya mereka berhasil menciptakan game 'A New Chinese Ghost Story' sesuai dengan target yang diinginkan Xiao Nai. Tak disangka-sangka, Xiao Nai bertemu dengan rivalnya yang tak kalah ambis. Lalu, akan ada juga kesalahpahaman yang membuat persahabatan Wei Wei dan Er Xi pun renggang. Untungnya, Xiao Nai selalu ada di sisi Wei Wei. Bahkan ada tuduhan-tuduhan yang diarahkan ke Wei Wei pun tidak membuat Xiao Nai mundur dalam hubungan mereka. Pokoknya, karakter Xiao Nai di sini benar-benar seperti tipikal suami idaman. HAHA. Percaya pada pasangan, siap siaga, dan setia. Uhuy!

Gemas parah T_T

Xiao Nai bersama teman-teman satu kamarnya di asrama.

Ini Wei Wei bersama teman satu kamarnya di asrama. Dan di sebelah Wei Wei itu Er Xi.
Hayo, mereka liatin apa sampai terkejut gitu? ><


Well, inti dari review-ku ini adalah,
I NEED SEASON 2!

Sekian.

Scene fav aku! >3<







ctto: google.com

Comments