[Review Novel] SPASI - Ello Aris



Judul buku : Spasi
Pengarang : Ello Aris
Penerbit : GagasMedia
Tahun Terbit : 2013
Tebal halaman : vi + 196 halaman.

BLURB—
Cinta itu membingungkan.

Aku tidak pernah mengira akan jatuh cinta kepada sosok dingin seperti kamu.
Namun, semakin aku menyangkal, rasa itu semakin kuat.
Dengan sikap manismu yang angin-anginan, kamu mengombang-ambingkan perasaanku seperti ombak. Sementara, dia hadir di antara aku dan tembok tinggimu.

Akal sehatku tahu harus melangkah ke mana.
Lalu, apa yang mesti kulakukan bila hati malah menunjuk arah sebaliknya?

Jadi, novel ini berkisah antara Denta yang naksir dengan teman sekolahnya, Malabi, cowok dingin yang Denta juluki sebagai Kulkas Berjalan. Meskipun mereka memiliki sifat yang bertolak belakang, Denta dan Malabi pun akhirnya resmi berpacaran.

Apakah selesai sampai di situ saja? Op, tentu engga, dong. Setelah berpacaran, Denta harus ekstra sabar menghadapi cueknya Malabi. Mampukah Denta bertahan?
"Kita emang sering terjebak pada pilihan-pilihan. Aku percaya ada makna dari pilihan-pilihan itu. Saat ini, kamu belum ngerasain makna itu, mungkin besok, atau tiga hari lagi, atau sebulan lagi, kamu bakal ngerasain makna itu. Yakinlah, sebuah kejadian membawa hikmah buat kita." - [hlm. 142]
Ngomong-ngomong, selain cobaan Denta dalam status hubungannya dengan Malabi yang serasa digantung, Denta juga bertemu dengan 2 orang yang menaruh rasa padanya. Seketika, Denta jadi bingung sendiri. Meskipun begitu, cerita ini berakhir dengan ending yang bahagia.

Tapi, Denta bahagianya dengan siapa? Hayolo. Jadi penasaran.


Cerita ini berlatarkan di Kota Ambon. Penulis begitu baik dalam menjelaskan suasana yang terjadi di Kota Ambon. Apalagi dalam percakapan tokoh-tokohnya sedikit diselipkan bahasa daerah mereka.

Dari segi cerita, menurutku, cerita ini cukup complicated untuk genre teenfiction. Awal baca aku kurang percaya ini cerita anak SMA, bahkan di awal pembuka cerita saja, Denta sudah harus melaksanakan tugasnya sebagai reporter sekolah untuk mewawancarai anak futsal dalam majalah sekolah mereka nanti. Sedikit penjelasan tentang masa-masa di sekolah. Makanya, cerita ini sedikit berbeda dengan teenfict pada umumnya.
Diksi yang digunakan dalam novel ini juga tidak berat. Masih mudah dipahami dan juga ringan untuk dibaca kala santai. Cocok untuk kamu yang juga suka dengan genre ini.

Rate: 3/5

p.s: Ini review sudah pernah kupublish di akun instagramku. Bisa dicek di @aciacika if you insteresting. :)

Comments